Teknik mencetak kain sesuai motif yang diinginkan saat ini sudah tidak asing lagi di masyarakat. Bahkan sekarang hampir semua hal yang berbahan dasar kain menggunakan teknik ini untuk membuat motif yang berbeda dan beragam. Karena banyak kelebihan yang didapatkan dari proses pencetakan kain ini. Banyaknya peminat dari print kain ini menjadikan peluang usaha yang cukup diminati.

Namun sebagai konsumen tentunya menginginkan hasil kain bermotif yang berkualitas. Tidak hanya kainnya saja yang bagus, tapi juga dalam segi pewarnaan dari motifnya juga berpengaruh pada minat pembeli. Berikut ada beberapa ciri warna kain yang memiliki kualitas tinggi.

Tidak Luntur Saat Dicuci

Kain yang memiliki pewarnaan yang bagus adalah kain yang pada saat dicuci tidak luntur. Bahkan kain dengan kualitas yang buruk pada saat memegangnya, maka warna tersebut akan luntur dan menempel pada telapak tangan. Selain itu bisa juga dengan melakukan gesekan pada kain, apabila terdapat warna yang jatuh berupa serbuk, dapat dipastikan kain tersebut tidak bagus.

Untuk itu pilihlah kainĀ  untuk print kain yang tidak luntur agar warna yang didapatkan dapat bertahan lama. Karena apabila kain yang luntur lama kelamaan maka kain tersebut akan menjadi semakin menipis dan menjadi kusam karena warna yang sudah hilang.

Memiliki Warna Yang Terang

Kualitas warna yang bagus dapat dilihat juga dengan tingkat kecerahan warna tersebut. Karena warna yang memiliki yang terlihat lebih cerah dan bersih maka dapat dipastikan tinta dari kain tersebut merupakan warna dengan kualitas yang terbaik.

Meskipun warna kain yang dipilih tergolong warna gelap namun dengan kualitas yang bagus, maka akan nampak berbeda dari warna gelap dengan kualitas yang termasuk buruk. Pemilihan warna yang nampak terang dan tidak kusam merupakan cara yang paling mudah untuk diketahui, karena hanya perlu memperhatikan dengan baik dan teliti.

Memiliki Warna Yang Rapi Dan Rapat

Pada saat memilih print kain dengan kualitas yang terbaik, maka sangat diperlukan untuk memperhatikan detail warna yang digunakan. Ciri-ciri warna yang bagus adalah hasil warnanya tercetak secara rapi dan juga rapat. Rapi yang dimaksudkan adalah warna yang dihasilkan tertata dengan rapi tanpa adanya kotoran atau tinta yang merembes pada kain.

Selain itu warna yang rapat adalah warna pada kain yang dicetak nampak rapat tapa adanya celah yang tidak tercetak. Sehingga warna tersebut mencetak keseluruhan desain yang didinginkan tanpa ada yang tertinggal. Untuk itu sebelum membeli pastikan melihat detail warna motif yang ada pada kainnya.

Memiliki Warna Yang Khas Dan Unik

Meskipun setiap warna memiliki kesamaan, namun apabila ada sisi keunikan yang terdapat pada warna tersebut dapat dijadikan daya tarik pembeli. Menampilkan kesan unik disini adalah mampu untuk memadupadankan warna sehingga mampu menghasilkan warna yang khas.

Karena pada proses pencampuran warna yang dapat menghasilkan warna bagus adalah warna yang seimbang dan tidak terlalu mencolok. Pada saat menginginkan warna yang mencolok pastikan dipaduka dengan warna yang lebih soft.

Kesimpulan

Ciri-ciri warna kain yang baik pada jenis print kain seperti ulasan di atas dapat menjadi referensi agar anda mendapatkan kain dengan kualitas pewarnaan yang bagus. Untuk itu jangan mudah tergiur dengan harga yang termasuk murah, karena harga yang murah belum tentu memiliki kualitas yang baik. Dapatkan kain printing terbaik dengan motif bervariasi hanya di marketplace digital Fullprint.id.