Perawatan pada kitchen tools atau peralatan dapur menjadi hal yang bisa dikatakan sangat penting untuk dilakukan. Ya, dengan merawat kitchen tools, maka Anda akan memiliki peralatan dapur yang cenderung lebih awet dan lebih lama digunakan. Nantinya, Anda tidak perlu terlalu sering membeli peralatan dapur yang baru.

Meskipun penting dan sebenarnya tidak terlalu susah dilakukan, namun beberapa orang masih belum mengetahui bagaimana cara merawat peralatan dapur yang baik dan benar. Perlu diketahui bahwa perawatan yang salah bisa memperpendek waktu pemakaian alat dapur dan nantinya akan merugikan Anda.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara untuk merawat dan menyimpan kitchen tools yang tepat. Penasaran? coba baca beberapa tips dibawah ini

Tips Merawat Kitchen Tools yang Tepat

Ada beberapa tips yang cukup mendasar dan mudah dilakukan untuk merawat peralatan dapur di rumah Anda. Tips ini tentu wajib diketahui agar alat-alat yang ada di dapur Anda tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat aneka kitchen tools yang tepat adalah sebagai berikut:

Membersihkan setelah digunakan

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk merawat kitchen tools yang Anda miliki adalah membersihkan setelah digunakan. Ini adalah langkah yang sangat sederhana namun bisa menjaga kondisi alat dapur dengan baik.

Ya, membersihkan kitchen tools setelah digunakan akan mencegah kerak tumbuh pada permukaan peralatan tersebut. Langkah ini cocok untuk diterapkan pada semua kitchen tools, terutama yang berbahan dasar kayu. Hal ini dikarenakan kerak yang timbul bisa mengikis permukaan kayu.

Menggosok kotoran dengan spons kasar

Mencuci peralatan dapur adalah hal yang paling simple untuk merawat beragam kitchen tools yang Anda miliki. Namun, tentu saja Anda harus mengetahui bagaimana cara mencuci peralatan dapur yang tepat.

Salah satu cara mencuci yang sebaiknya Anda lakukan adalah membiasakan menggosok alat dapur dengan spons kasar. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan noda yang membandel pada permukaan alat dapur. Tidak hanya itu, lemak-lemak yang menempel pun akan hilang.

Spons kasar juga cenderung aman untuk digunakan, termasuk untuk alat dapur berbahan dasar stainless steel. Selain itu, hindari menggunakan sikat kawat terutama untuk membersihkan kerak panci yang menghitam.

Simpan dalam keadaan kering

Setelah dicuci, kitchen tools sebaiknya disimpan dalam keadaan kering. Ini adalah salah satu tips yang cukup krusial, terutama untuk alat dapur yang berbahan dasar kayu. Ya, kayu yang disimpan dalam keadaan terlalu basah akan menyebabkan munculnya jamur.

Merendam kitchen tools dengan garam

Jika diperlukan, Anda bisa merendam alat dapur tersebut dengan air garam untuk membersihkannya. Larutan air garam ini cukup efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel pada alat dapur, terutama jamur yang ada pada alat dapur berbahan dasar kayu.

Nah, dalam hal ini, Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air panas. Setelah itu, rendam alat dapur yang ingin dibersihkan selama beberapa menit dan kemudian cuci hingga bersih seperti biasa.

Penutup

Beberapa langkah di atas bisa menjadi tips perawatan alat dapur yang cukup mudah untuk dilakukan. Tentu, Anda harus melakukan beberapa cara di atas dengan saksama untuk hasil yang maksimal. Pahami tips merawat kitchen tools dengan baik dan terapkan setiap hari.